Health and Beauty · Parenting

Yuk Minum Air Kelapa Secara Rutin Saat Hamil

Menjaga kehamilan agar tetap sehat bukan hal yang mudah. Sebab ada cukup banyak hal yang harus diperhatikan, tidak hanya memenuhi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil saja, tetapi juga berbagai nutrisi penting lainnya. Semua nutrisi ini penting karena tidak hanya mempengaruhi kesehatan ibu saja tetapi juga bermanfaat penting untuk mendukung perkembangan janin.

air kelapa
Source: draxe

Salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh ibu hamil adalah elektrolit untuk mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi. Nah untuk memenuhi kebutuhan elektrolit ini tidaklah sulit, bahkan mungkin Anda akan sangat menyukainya, yaitu dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin.

Yap, air kelapa merupakan salah satu sumber elektrolit alami yang baik dan aman dikonsumsi oleh siapapun. Dengan terpenuhinya elektrolit ini, Anda akan terhindar dari bahaya dehidrasi saat kehamilan. Selain itu, air kelapa juga ternyata memiliki beberapa manfaat lain yang bermanfaat untuk Anda selama kehamilan, yaitu: (sc: bidanku)

  • Air kelapa dapat berperan sebagai diuretik alami yang steril dan dapat membantu proses pembuangan urine. Tidak hanya itu, minuman ini juga dapat membantu membersihkan saluran kemih sehingga mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih yang cukup sering dialami oleh ibu hamil.
  • Air kelapa dapat berfungsi sebagai penangkal berbagai penyakit karena mengandung senyawa asam laurat yang cukup banyak. Asam ini memiliki fungsi yang sama dengan yang terkandung dalam ASI dan memiliki fungsi sebagai antivirus, antibakteri, dan antiinfeksi. Dengan mengonsumsi air kelapa, Anda bisa terbebas dari virus dan bakteri yang harus dihindari oleh ibu hamil.
  • Air kelapa akan membantu memperlancar proses pencernaan Anda yang mungkin akan mengalami hambatan pada masa kehamilan. Terhambatnya pencernaan ini disebabkan oleh hormon progesteron yang memperlambat lambung sehingga kontraksi otot melambat.
  • Air kelapa muda hanya mengandung sedikit lemak dan kolesterol. Bahkan menurut beberapa hasil penelitian, mengonsumsi air kelapa secara rutin dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Air kelapa memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Namun ada baiknya jika Anda ingin mengonsumsinya secara rutin setiap hari, Anda hanya mengonsumsi air kelapa murni dan bukan kemasan. Selain itu, hindari menambahkan pemanis buatan pada air kelapa karena pemanis inilah yang bisa membuat air kelapa menjadi kurang sehat. (Vita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s