Otomotif

Ingin Terhindar Dari Kecelakaan di Jalan Raya? Simak Tips Berikut!

Sebagai pengguna jalan raya, pastinya kita sudah sangat akrab dengan yang namanya kecelakaan. Yah, namanya juga kecelakaan, pastinya selalu terjadi dalam kondisi dan situasi yang tidak diduga-diduga, ya! Namun demikian, siapa sih yang ingin mengalami kecelakaan ketika sedang mengemudikan mobil mitsubishi pajero sport-nya? Tentunya tidak ada bukan? Lantas bagaimana cara kita untuk menghindarinya? Simak artikel berikut ini untuk tips lebih lengkapnya!Ingin Terhindar Dari Kecelakaan di Jalan Raya? Simak Tips Berikut!

  1. Ketika melintas di jalan tol yang lengang dan ada pengguna jalan lain yang memprovokasi kita untuk memacu kecepatan mobil, jangan pernah terpengaruh. Abaikan saja provokasi orang tersebut dan tetap melaju dengan kecepatan konstan yang tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.
  2. Beri kesempatan pada pengguna jalan lain ketika hendak berbelok dan di sisi lain ada pengguna yang mengarah ke jalan yang sama. Tidak ada gunanya memenangkan ego karena yang ada malah merugi. Jika di antara Anda dan pengguna jalan tersebut tidak ada yang mau mengalah, maka yang terjadi adalah kendaraan yang saling berbenturan, bukan? Tunggulah sebentar dan barulah berjalan ketika mobil tersebut sudah lewat.
  3. Anda mungkin sudah memperhatikan bahwa ada beberapa kendaraan yang sering mengemudi secara ugal-ugalan dan beberapa di antaranya adalah kendaraan umum. Mobil-mobil ini biasanya akan berjalan dengan memepet kendaraan di depannya sambil meminta dibukakan jalan agar tidak perlu bermacet-macetan. Jika Anda tanpa sengaja terjebak dalam posisi ini, di mana Anda ada di depan dan mobil ugal-ugalan ini ada di belakang, sebaiknya terus fokus dan hindari gerakan tiba-tiba dari mobil tersebut. Jangan lupa juga untuk membuka jalan dan beri mobil itu kesempatan untuk lewat agar tidak membahayakan Anda.
  4. Saat mengemudi dengan kecepatan tinggi, entah itu di jalan tol atau di jalan raya yang lengang, selalu pastikan bahwa jarak antara mobil Anda dengan mobil di depan selalu dalam jarak aman. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi jika mobil di depan Anda melakukan pengereman mendadak sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.
  5. Kegiatan salip menyalip di jalan raya merupakan hal yang lumrah. Apalagi mengingat pengguna jalan di jalan raya bukan hanya Anda saja, tetapi juga ada pengguna motor dan kendaraan umum. Satu hal yang perlu diingat ketika hendak menyalip pengguna jalan lain adalah selalu pastikan jalur yang dilalui aman dan tidak ada kendaraan yang melintas di arah sebaliknya. Jika kondisi tidak memungkinkan, sebaiknya tunggu sampai Anda mendapat kesempatan.

Nah, itu dia beberapa aturan ketika mengemudi di jalan raya yang sebaiknya Anda lakukan agar terhindar dari kecelakaan. Selamat mencoba! (Tr)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s