Information

Alat Musik Tradisional yang Mendunia (Part 1)

Kalau ditanya kamu ingin pintar memainkan alat musik apa, mungkin akan menjawab beberapa alat musik modern seperti gitar, biola, harpa atau piano. Jarang sekali yang akan menjawab ingin pintar memainkan alat musik tradisional. Apalagi, mencari alat musik tradisional di toko alat musik lebih sulit daripada mencari berbagai alat musik alat-musik-tradisional-yang-mendunia-part-1modern. Tidak hanya itu saja, sekolah musikpun tidak banyak yang membuka kelas musik untuk alat musik tradisional. Berbagai hal tersebut, membuat seseorang yang tertarik mempelajari alat musik tradisional harus berjuang lebih keras.

Meskipun begitu, ternyata alat musik tradisional tetap saja bisa menunjukkan eksistensinya. Tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga dikalangan internasional. Bahkan, banyak juga loh WNA (Warga Negara Asing) yang rela untuk menetap sementara di Indonesia hanya demi mempelajari cara memainkan alat musik tradisional pilihannya. Setelah pintar, mereka akan kembali ke negaranya dan kemudian memperkenalkan alat musik tersebut pada warga di negaranya.

Berikut ini, adalah beberapa alat musik tradisional yang telah mendunia:

  • Angklung

Ini adalah salah satu alat musik tradisional yang sangat terkenal di berbagai negara, dan bahkan sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu alat musik warisan budaya asli Indonesia. Salah satu tokoh yang memperkenalkan angklung ke dunia internasional yaitu Udjo Ngalagena. Saat ini, hampir setiap orang yang tertarik dengan alat musik ini akan mendatangi Saung Angklung Udjo. Di sini, pengunjung akan bisa menyaksikan pertunjukkan angklung dan berbagai kesenian daerah lainnya.

  • Gamelan

Bagi yang sering datang ke pernikahan dengan adat Jawa Tengah pasti sering mendengar alunan musik yang dimainkan dengan gamelan. Yap, alat musik ini memang mengeluarkan suara yang sangat khas dan menjadi dominan pada musik tradisional Jawa. Pada setiap pagelaran kesenian khas Jawa, alat musik inipun selalu digunakan. Terkadang dimainkan secara live, ataupun menggunakan rekaman.

  • Suling

Alunan suara suling yang melengking menjadi salah satu ciri khas musik tradisional dari Jawa Barat. Meskipun biasanya alat musik ini diiringi oleh alat musik tradisional lainnya, seperti gamelan, namun suara suling akan tetap menjadi dominan. Ini yang menjadi salah satu pembeda, ketika kita mendengan musik tradisional Jawa dengan Jawa Barat.

Di antara ketiga alat musik tersebut, adakah alat musik yang ingin kamu pelajari? Atau mungkin, ada dalam daftar alat musik tradisional yang mendunia part 2? (Vita)

Advertisements

3 thoughts on “Alat Musik Tradisional yang Mendunia (Part 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s