Heavy Equipment · Review

Mengenal Alat Berat Forest Harvester

Ketika berbicara tentang kebutuhan kayu, maka secara tidak langsung kita akan membahas mengenai penebangan kayu. Jika dulu penebangan kayu ini masih menggunakan cara manual, yaitu memotong batang pohon dengan kapak dan kemudian membersihkan cabang kayu secara manual juga, saat ini semua hal tersebut sudah dilakukan dengan alat berat. Ada beragam jenis alat berat yang umum digunakan, seperti forest harvester, alat berat delimber, dan berbagai alat berat lainnya. Di antara berbagai alat berat tersebut, forest harvester adalah alat berat yang akan kita bahas kali ini.

Mengenal Alat Berat Forest Harvester

Sesuai dengan namanya, yaitu harvester atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu mesin untuk memanen, alat ini memang digunakan untuk memanen. Namun, karena alat ini digunakan untuk hutan (forest), maka yang dipanen oleh alat ini yaitu pohon. Yap, forest harvester adalah sebuah alat berat yang digunakan untuk menebang batang pohon yang sudah tua dan cukup umur untuk ditebang.

Kepala pada alat ini terdiri dari sebuah pisau yang bekerja seperti pencapit. Pisau pencapit akan melingkari batang pohon yang akan dipotong, dan agar tidak jatuh batang pohon ini akan ditahan oleh pencapit lainnya. Selain berbentuk pencapit, pisau ini juga bisa berbentuk seperti gergaji mesin berbentuk lingkaran. Pisau pada alat ini adalah salah satu komponen yang bekerja paling keras setiap kali alat ini dioperasikan. Karena itulah, menggunakan spare part original merupakan hal yang penting. Sama seperti forest harvester dengan bentuk pisau pencapit, pohon yang ditebang dengan gergaji ini juga akan ditahan oleh pencapit lain. Alasan mengapa batang pohon ini ditahan agar tidak jatuh yaitu, agar batang ini dapat dipindahkan ke lokasi penumpukan batang pohon. Artinya, alat ini juga memiliki kemampuan untuk memindahkan material dari satu lokasi ke lokasi lain.

Lalu, apa fungsi forest harvester lainnya?

Alat ini juga berfungsi seperti delimber, yaitu untuk memangkas habis cabang yang berada di batang pohon. Untuk fungsi ini, biasanya pisau yang berfungsi sebagai pencapitlah yang akan membersihkan seluruh cabang tersebut. Biasanya, hal ini dilakukan sebelum batang pohon diletakkan pada tempat pengumpulan. Selain itu, jika kita ingin memotong batang dengan ukuran yang lebih pendek, forest harvester ini juga dapat dimanfaatkan. Sangat praktiskan? Satu buah alat, namun mampu untuk melakukan berbagai fungsi. (Vita)

Advertisements

One thought on “Mengenal Alat Berat Forest Harvester

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s