technology · Tips and Trick

Aman Bertransaksi dengan Kartu

Kalian mungkin sudah sering melihat kartu yang mencantumkan tulisan pada permukaannya. Tulisan yang di cetak dengan kartuprinter khusus dari toko jual printer ID Card ini, bisa berisikan informasi pemilik kartu, nomor kartu, atau berbagai tulisan lainnya. Misalnya saja untuk kartu yang digunakan di sekolah, yang biasanya mencantumkan identitas nama siswa pemilik kartu tersebut. Selain itu, kartu lain yang paling umum mencantumkan tulisan yaitu kartu debit atau kartu kredit yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan bank.

Beberapa bank umumnya hanya mencantumkan nomor pada kartu yang dijadikannya sebagai pembeda antar satu kartu dengan yang lainnya. Namun, beberapa bank juga melengkapi informasi di kartunya dengan nama, dan bahkan dengan foto pemilik rekening. Hal ini, ditujukan untuk menjaga keamanan rekening agar hanya sang pemilik rekening saja yang bisa bertransaksi dengan kartu tersebut.

Nah, untuk pemilik rekening yang hanya mencantumkan nomor saja pada kartunya, tentunya kita yang harus lebih waspada saat bertransaksi dengan kartu.

  • Lakukan verifikasi

Ingatlah bahwa setiap kali kita melakukan transaksi dengan melakukan kartu, kita akan diminta melakukan verifikasi. Baik verifikasi berupa password atau pin, maupun dengan menggunakan tanda tangan. Jika suatu saat kasir tidak meminta kita melakukan salah satu verifikasi, maka sebaiknya ingatkanlah kasir.

  • Perhatikan yang dilakukan kasir

Tanpa bermaksud mencurigai atau berfikiran negatif pada kasir tersebut, tapi tidak ada salahnya jika kita mengawasi gerak-gerik kasir saat mengurusi transaksi kita. Hal ini sangat penting, untuk mencegah kemungkinan kasir melakukan sesuatu yang akan merugikan kita di kemudian hari.

  • Periksa kembali struk

Ada beberapa kasir yang melakukan kecurangan saat kita bertransaksi dengan menggunakan kartu. Memeriksa struk dan memastikan bahwa seluruh harga yang tercantum pada struk sesuai dengan seharusnya. Selain itu, kita juga harus memeriksa bahwa tidak ada transaksi lain yang terjadi selain dari transaksi yang sedang kita lakukan. Misalnya saja, transaksi tarik tunai melalui kasir saat kita membayar dengan menggunakan kartu. Terkadang, tanpa kita sadari ada oknum nakal yang memasukkan transaksi ini dan akibatnya saldo kita pun akan terpotong tanpa sepengetahuan kita.

  • Pantau daftar transaksi

Sering-seringlah untuk memeriksa daftar transaksi kita agar segera dapat mendeteksi ketika menemukan sebuah transaksi aneh yang tidak kita ketahui.  (Vita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s