Fashion · technology

Beragam Kegunaan Kabel Fiber

Kabel Fiber atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kabel Optik, adalah sebuah jenis kabel yang menggunakan sebuah bahan khusus yang bernama Optical Fiber.  Kabel Fiber dapat mentransfer cahaya lebih baik dari jenis kabel manapun. Terdapat banyak kegunaan yang dapat diambil dari kabel jenis ini, namun kegunaan yang paling populer adalah penggunaannya dalam bidang komunikasi, termasuk Internet. Fiber Internet Beragam Kegunaan Kabel Fibermasih merupakan jenis koneksi internet yang memiliki kualitas teratas, terunggul dari segi kecepatan, keamanan, hingga kestabilan koneksi. Selain dalam bidang komunikasi, kabel fiber juga dapat digunakan dalam berbagai hal lainnya, seperti mengantarkan listrik dan gambar, digunakan dalam berbagai macam sensor, hingga sebagai pemandu cahaya pada operasi medis.

Apa yang membuat kabel jenis ini memiliki sangat banyak kegunaan?

Optical Fiber, merupakan bahan yang terkandung di dalam kabel fiber dan merupakan komponen utama kabel fiber. Terbuat dari jenis kaca yang bernama silica atau plastik khusus yang ditarik dengan teknik rumit hingga ke ketebalan yang hanya sedikit lebih tebal dari rambut manusia. Tekhnik khusus untuk membuat optical fiber ini merupakan salah satu alasan mengapa teknologi ini begitu bernilai, diluar dari bahan utama yang digunakan.  Keunggulan utama bahan tersebut, berada pada kecepatannya dalam mentransfer cahaya yang lebih tinggi dari bahan apapun. Dan karena tidak mengandung metal, kabel fiber tidak dapat terganggu oleh gangguan listrik, radiasi, ataupun elektromagnetik, dan dapat mentransfer cahaya tanpa menggunakan listrik. Cahaya yang ditransfer kabel fiber dapat digunakan dalam banyak hal, seperti dirubah menjadi energi listrik dengan alat tertentu, hingga digunakan untuk mengambil cahaya matahari dan dipindahkan ke ruangan lain.

Selain kegunaan praktikal yang dimiliki oleh kabel fiber, jenis kabel ini juga dapat digunakan sebagai benda pendukung estetika. Seorang designer pakaian asal Rusia menggunakan kabel fiber untuk menyinari pajangan rak Kristal butiknya dengan menggunakan satu sumber cahaya saja, ada juga sebuah pameran di Inggris yang memamerkan beberapa hiasan yang dihiasi kabel fiber sebagai penyalur cahaya, seperti pohon natal yang disinari dengan cahaya dari kabel fiber, lampu jalan yang menggunakan kabel fiber sebagai dekorasi, dan banyak lainnya. (RR)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s