technology

Mengenal Struktur pada Fiber Optic

Menggunakan fiber optic adalah hal yang umum dikalangan masyarakat saat ini. Koneksinya yang dirasa lebih stabil dan cepat bila dibandingkan dengan kabel coaxial menjadi beberapa alasan utama masyarakat memilih fiber internet. Apalagi, kestabilan koneksi ini juga diMengenal Struktur pada Fiber Opticrasakan oleh pengguna meskipun cuaca sedang buruk. Padahal, kondisi cuaca saat ini benar-benar tidak terduga, sebentar bagus dan mendadak buruk. Karena itulah, fiber internet ini semakin hari semakin menjadi pilihan.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak keuntungan lainnya yang mungkin sudah kalian rasakan sebagai pengguna fiber internet. Karena itulah, dalam artikel ini kita tidak akan membahas mengenai keuntungannya. Lalu apa yang akan kita bahas? Kali ini, kita akan membahas mengenai struktur dari fiber optic.

Fiber optic adalah sebuah teknologi kabel yang menggunakan serat kaca sebagai media transmisi datanya. Serat kaca ini tidak hanya ada satu, tetapi banyak serat yang dikumpulkan menjadi satu. Di dalam sebuah fiber optic sendiri, terdapat beberapa lapisan yang memiliki fungsi masing-masing. Lapisan ini terdiri dari :

  • Core

Lapisan terdalam atau inti dari fiber optic. Pada lapisan ini terdapat sekumpulan serat kaca yang berfungsi sebagai media utama caha berjalan untuk mentransmisi data. Masing-masing dari serat kaca ini mampu untuk mentransimisi pesan modulasi ke gelombang cahaya. Meskipun ukuran serat kaca ini sangatlah kecil, yaitu berdiameter 120 mikrometer , namun kecepatannya dalam mentransmisi data cukup cepat dan juga mampu bekerja hingga jarak yang cukup jauh tanpa bantuan alat bantu seperti repeater.

  • Cladding

Lapisan ini melapisi langsung bagian core, atau bisa dikatakan melapisi serat kaca untuk melindungi inti dari fiber optic. Selain untuk melindungi serat kaca, lapisan cladding ini juga berfungsi untuk memantulkan cahaya yang terpancar keluar dari serat kaca agar kembali masuk ke dalam inti.

  • Buffer Coating

Ini merupakan lapisan terluar dari fiber optic. Lapisan ini sangat penting, karena berfungsi untuk melindungi fiber optic dari kerusakan akibat lengkungan kabel atau udara yang lembab. Apalagi, instalasi fiber optic ini umumnya diletakkan di dalam tanah, yang sangat berpotensi mengalami kerusakan akibat lembab atau gangguan lainnya. (Vita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s