Food · Health and Beauty · Information

Indigo Rose (Black tomatoes), Unik dan Menyehatkan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa antioksidan dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Karena itulah, banyak spesialis kanker yang menyarankan pada pasiennya untuk meningkatkan konsumsi berbagai makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti tomat. Maka wajarlah jika semakin banyak masyarakat yangindigo rose secara rutin mengonsumsi tomat setiap hari agar mendapatkan khasiat dari tomat ini. Biasanya, mereka akan mengonsumsi tomat berwarna merah yang berukuran sedang, atau tomatoes cherry yang berukuran kecil. Selain tomat berwarna merah yang umum dikonsumsi, saat ini mulai dikembangkan tomat berwarna hitam (black tomatoes).

Black tomatoes ini sering juga disebut indigo rose, dengan kulit berwarna hitam dan bagian dalamnya berwarna ungu kemerahan. Tomat ini merupakan hasil perkawinan dari tomat berwarna merah (Red tomatoes) dengn tomat ungu (purple tomatoes). Pada awal pertumbuhannya, warnanya tidak berbeda dari tomat jenis lainnya yaitu berwarna hijau. Hanya saja, warna hijau pada tomat ini berubah menjadi kehitaman seiring dengan perkembangannya, hingga waktu panen tiba.

Ada beberapa jenis tomat yang memiliki kulit berwarna gelap, namun hanya Black tomatoes jenis indigo rose inilah yang dianggap paling baik. Tomat ini pertama kali ditanam oleh seorang profesor dari University of Oregon di US bernama Profesor Jim Myers. Namun, mulai berkembang dan dikenal luas saat seorang lulusan universitas ini merasa tertarik dan menemukan manfaat dari tomat. Namun, saat ini Black tomatoes juga sudah mulai dikembangkan di UK.

Ray Brown adalah tokoh yang pertama kali mengembangkan tomat ini di Inggris. Pada awalnya, ia menerima sebuah paket misterius yang dikirimkan oleh salah seorang konsumennya. Pada paket tersebut, tertulis “Black tomato”. Meskipun pada awalnya Brown tidak mempercayai bahwa Black tomatoes benar-benar ada, ia tetap menanam isi paket tersebut dan pada akhirnya mempercayai setelah melihat hasilnya. Saat ini, Brown sudah memiliki 3 pohon Black tomatoes dimana setiap pohonnya bisa menghasilkan sekitar 20 buah tomat.

Black tomatoes ini dianggap memiliki rasa yang lebih nikmat dibandingkan dengan tomat jenis lain, dan mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi pula. Bahkan, kadar antioksidannya dianggap hampir setara dengan buah blueberries. Selain itu, karena rasanya yang tidak semanis tomat biasa maka tomat ini juga mampu untuk membantu mengurangi risiko diabetes dan obesitas pada seseorang yang mengonsumsinya. (Vita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s