Food · Health and Beauty

Amankah Mengonsumsi Roti Setiap Hari?

Sarapan apa kita hari ini? Hmm…. mungkin banyak yang menjawab sarapan roti tawar dengan selai atau meises. Sarapan dengan roti memang sangatlah praktis dan nikmat, karena kita bisa menikmatinya meskipun kita sedang dalam perjalanan. Bahkan, saat amankah mengonsumsi roti setiap harisedang dalam perjalanan dengan kendaraan umumpun, kita tetap bisa menikmati roti tanpa kesulitan. Tapi…. hati-hati loh, ternyata mengonsumsi roti setiap hari itu tidak baik untuk kesehatan.

Banyak ahli gizi yang terus mengingatkan bahwa mengonsumsi roti tawar terlalu sering tidak memberikan manfaat bagi tubuh, namun justru berdampak negatif. Tentu saja peringatan ini diberikan karena memang ada alasannya, antara lain:

  • Roti tawar yang terbuat dari tepung telah kehilangan sebagian besar kandungan seratnya saat diproses, sehingga tidak akan membuat kita merasa kenyang. Meskipun kita merasa kenyang saat mengonsumsinya, namun rasa kenyang itu tidak akan bertahan lama.
  • Tepung yang digunakan untuk membuat roti tawar tidak hanya kehilangan serat saja, tetapi juga berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, mengonsumsi roti dalam jumlah banyakpun tidak akan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.
  • Kandungan gluten pada roti, membuat makanan ini menjadi sulit dicerna di dalam tubuh. Selain itu, karena tidak memiliki serat yang cukup dan justru mengandung tepung yang bersifat sebagai pengikat, maka bisa membuat orang yang mengonsumsinya mengalami sembelit.
  • Selain kadar gula yang cukup tinggi, roti juga mengandung kadar sodium (garam) yang cukup tinggi. Kadar sodium ini semakin tinggi pada roti yang digunakan untuk burger atau sandwich.
  • Kualitas ragi yang kurang baik, akan membuat roti semakin tidak sehat untuk dikonsumsi. Roti juga merupakan salah satu  makanan yang sebaiknya dihindari ibu hami, apalagi jika kualitas raginya buruk, karena dapat berdampak buruk bagi perkembangan janin.

Lalu, apa artinya kita gak boleh mengonsumsi roti? Jawabannya, boleh saja, asal jangan berlebihan. Selain itu, akan lebih baik jika kita mengonsumsi roti tawar gandum dibandingkan dengan roti tawar putih. Dari segi rasa, roti tawar putih memang lebih nikmat dibandingkan dengan roti tawar gandum, namun dari segi kesehatan roti tawar gandum lebih aman. Roti tawar gandum mengandung cukup banyak serat dan berbagai nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi mana yang kalian pilih, rasa atau sehat? 🙂 (Vita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s