Information

Dampak negatif penggunaan gadget bagi anak-anak

Salah satu bentuk teknologi yang paling dekat dengan kita saat ini adalah gadget, seperti handphone, tab, laptop dan sebagainya. Berbagai gadget ini merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa terlepas dari kegiatan kita sehari-hari. Bahkan bagi oradampak gadget pada anakng tua, gadget ini seringkali digunakan untuk membuat anaknya tenang saat sedang rewel, terutama pada saat anak masih pada usia dini. Hal ini umum terjadi pada orangtua yang mengalami kecanduan gadget. Misalnya dengan memainkan video kesukaan sang anak, atau bermain permainan yang ada dalam gadget.

Sebenarnya bukan hal yang dilarang membiarkan anak bermain dengan gadget, namun orang tua harus tetap membatasi waktunya. Menggunakan gadget untuk membuat anak tenang setiap kali rewel justru akan berdampak buruk bagi perkembangan anak. Ada baiknya orang tua lebih memberikan waktunya dan berusaha menenangkan sang anak dengan cara lain, tidak hanya mengambil cara paling praktis dan berprinsip asal anak diam.

Berikut ini adalah beberapa dampak negative yang bisa terjadi pada anak akibat gadget:

  • Penurunan konsentrasi

Anak akan lebih senang berimajinasi berbagai tokoh dalam permainannya. Selain itu, penggunaan gadget yang tidak terkendali bisa membuat waktu istirahat sang anak terganggu yang akhirnya berdampak pada menurunnya konsentrasi anak.

  • Tidak tahan dengan kesulitan

Teknologi internet yang terdapat pada gadget memudahkan sang anak dalam mengakses berbagai informasi, baik informasi positif maupun informasi negatif. Hal ini menyebabkan sang anak bergantung pada teknologi ini dalam menyelesaikan semua masalahnya, sehingga anak akan merasa kesulitan jika harus menyelesaikan masalah tanpa teknologi ini.

  • Mempengaruhi mental anak

Berbagai studi menyatakan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan dapat berpotensi meningkatkan laju depresi, kecemasan, autism dan gangguan perilaku pada anak. Anak menjadi kurang mengeksplorasi emosinya sehingga menyebabkan kedalaman emosi kurang berkembang.

  • Mendapat informasi yang salah

Kemampuan anak dalam menganalisa sebuah masalah dan mencerna sebuah informasi masih tergolong rendah.  Hal ini akan memungkinkan anak mendapatkan informasi yang salah dari internet.

  • Menurunkan kemampuan bersosialisasi

Anak akan lebih suka bersosialisasi dalam dunia maya, seperti facebook, twitter dan sebagainya dibandingkan dengan bersosialisasi dalam kehidupan nyata. Hal ini akan berdampak pada sifat antisocial yang dimiliki oleh anak.

Tidak salah memang memperkenalkan teknologi pada anak sejak usianya masih dini. Namun, orang tua harus terus mengawasi dan membatasi penggunaan gadget pada anak. Bijaklah dalam memperkenalkan teknologi pada anak, agar keberadaan gadget memberikan dampak positif, dan bukan sebaliknya. (Vivi)

Advertisements

One thought on “Dampak negatif penggunaan gadget bagi anak-anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s