Health and Beauty · Information

Berbagai Makanan untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Saat perubahan musim dari musim hujan ke musim kemarau atau biasa di sebut Musim pancaroba, biasanya orang cenderung akan lebih mudah jatuh sakit. Salah satu buah-buahanpenyakit umum yang biasanya di alami yaitu radang tenggorokan. Radang tenggorokan sendiri sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya, asalkan segera diatasi. Jika tidak segera di atasi, maka akan menjadi penyakit yang parah. Radang tenggorokan yaitu terjadi pembengkakan pada tenggorokan, warna tenggorokan menjadi lebih merah dan terdapat bintik-bintik berwarna putih. Pada orang yang memiliki daya tahan yang lemah, akan lebih mudah terserang penyakit ini.

Ada beberapa makanan yang dapat kita gunakan untuk mengatasi penyakit ini,yaitu:

  • Buah Pisang

Pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah untuk ditelan. Selain itu kandungan Vitamin B6, Kalium dan Vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat membantu menyembuhkan sakit pada tenggorokan.

  • Nanas

Nanas-Penuh-Pelbagai-KhasiatNanas mengandung enzim yang dikenal sebagai bromelain yang bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi di tenggorokan.

  • Kiwi

kiwi-natural-remedy-for-many-diseases-featured1Meminum jus kiwi akan membantu anda saat mengalami sakit tenggorokan. Kandungan protein pada buah ini dapat membantu menyingkirkan batuk kering.

  • Wortel

Khasiat-WortelWortel yang telah direbus atau di kukus dapat menyembuhkan sakit tenggorokan. Wortel yang masih mentah memiliki tekstur keras dan akan menambah sakit pada tengggorokan.

  • Telur

163602_telurkuning460tsKandungan protein yang terdapat pada telur bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada tenggorokan. Telur bisa di olah menjadi telur dadar, namun jangan menambahkan bumbu apapun di dalamnya. Akan lebih efektif jika hanya menggunakan putih telurnya saja.

  • Jahe

jaheSelain bermanfaat untuk menghangatkan, Jahe bersifat antibakteri yang dapat membantu membunuh infeksi di tenggorokan anda. Bagi yang menyukai teh, jahe dapat juga di campur dengan teh.

  • Oatmeal

Oat

Oatmeal mengandung banyak serat dan akan membantu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Oatmeal mengandung protein yang sangat bermanfaat untuk memulihkan kondisi tubuh.

  • Pasta Gandum

sebatang-gandumPasta yang berbahan dasar gandum mengandung gizi, serat, zat besi, dan vitamin B1, B2, B3 dan vitamin E. Kandungan ini dapat mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan. (Vivi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s